Aryanto pria asal Cirebon Penemu bahan bakar air Diundang Ferari dan Ducati ke Italia

 


Aryanto adalah pria asal Cirebon yang berhasil menemukan bahan bakar dari air.

Melansir dari akun istagram @folkative Aryanto yang berdomisili di Lemahabang berhasil menciptakan alat yang dapat mengubah air menjadi bahan bakar hidrogen.

Bernama lengkap Aryanto Misel, warga negara Indonesia yang mendapat undangan dari Ferrari, Ducati, dan Lamborghini.

Aryanto yang disebut hanya lulusan SMP menamai penemuannya dengan nama Nikuba, yang merupakan singkatan dari “Buku Banyu" yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “itu air”.

Alat yang ditemukannya juga diakui dapat menggantikan 100% suplai bensin pada kendaraan roda dua dengan air.

Saat ini, alat tersebut telah diuji coba dengan dipasangkan kepada 11 unit motor Trail Aviar 200 CC milik TNI dari Kodam III Siliwangi.

Meski pernah gagal dalam percobaan pertama, yaitu pada motor Supra Fit, hingga menimbulkan terbakarnya beberapa kabel motor.

Namun, Aryanto tetap berusaha mengembangkan penemuannya. Selain dipasang pada motor trail. Alat ini juga pernah diuji coba menggunakan motor matic pada bulan lalu.

Keberhasilan Aryanto tentunya tidak didapat dengan cuma-cuma. Ini merupakan kerja kerasnya.

Meski tidak lulus SMA, Aryanto ternyata sangat tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan kimia dan fisika.

Pria berusia 67 tahun itu berhasil menciptakan inovasi bahan bakar air bernama Nikuba atau Niku Banyu.

Temuan Aryanto Misel sempat digunakan oleh para personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI dari Komando Resor Militer 063/Sunan Jati, Cirebon, dan Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Bandung.

Terbaru, hasil karya pria yang dijuluki profesor tanpa gelar itu dilirik oleh produsen supercar asal Italia, Ferrari dan Ducati. Mereka penasaran dengan hasil ciptaannya.

Aryanto pun sempat melakukan diskusi dengan perusahaan tersebut terkait kemungkinan adanya kerjasama internasional antar kedua belah pihak.

Pria asal Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tersebut diminta mengembangkan Nikuba sebagai bahan bakar mobil Ferrari dan sepeda motor Ducati.Aryanto mendapat undangan langsung untuk berkunjung ke Milan, Italia, pada 16 Juni 2023.Bersama dua orang petinggi PT Octagon yang menggerakkan bidang motor tempel kapal listrik, Sumardi dan Imanuel Hutapea, mereka diminta menguji coba Nikuba di mobil Ferarri dan motor Ducati.

Jika berhasil, nantinya bahan bakar nikuba akan dipakai oleh motor Ducati di ajang MotoGP dan menjadi satu-satunya sepeda motor yang menggunakan bahan bakar air.Minim Perhatian Pemerintah, Dihargai Luar Negeri

Nikuba diketahui memiliki hak paten yang resmi terdaftar dengan nomor DID2022054964 kode kelas 9. Namun sayang, karya tersebut kurang mendapat perhatian lebih dari pemerintah.Malahan hasil temuannya itu menarik perhatian perusahaan otomotif raksasa Eropa untuk mengembangkan temuannya.

Meski sempat dipandang sebelah mata, temuannya tersebut berpeluang dipasarkan di Afrika hingga Brazil dan menjadi bagian dari komponen mobil supercar.

Sempat Dipakai Motor Dinas Babinsa TNI

Nikuba karya Aryanto aktif dipamerkan di berbagai event berkat inisiasi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo.Mayjen Kunto sangat tertarik dan mengapresiasi penuh temuan tersebut terlebih dalam rangka penyempurnaan sebagai sebuah karya teknologi yang dimungkinkan dapat dikembangkan untuk energi masa depan.

Temuan Aryanto juga aktif diterapkan di motor dinas para personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI dari Komando Resor Militer 063/Sunan Jati, Cirebon dan Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Bandung.

Pria lulusan SMP tersebut juga diketahui memiliki laboratorium pribadi untuk mengembangkan berbagai temuan lainnya.

Cara Kerja Bahan Bakar Nikuba

Ide mesin Nikuba ini tercetus karena keprihatinan Aryanto terhadap para tukang ojek yang harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli bensin.

Nikuba berasal dari singkatan "niku banyu" atau yang berarti dalam bahasa Indonesia "itu air".

Sistem kerja mesin Nikuba ini dengan mengubah atau konverter dari air ke hidrogen. Sehingga bisa digunakan untuk menjalankan sepeda motor, tanpa bensin.

Berdasarkan hasil uji cobanya, dengan bahan bakar 1 liter air, nikuba bisa menempuh jarak 450 kilometer.

Post a Comment

Previous Post Next Post