Banyak Anak - Anak Cuci Darah Di RSCM


RSCM, disebut banyak anak-anak menjalani cuci darah. Hal ini dikonfirmasi oleh tenaga medis yang bertanggungjawab.Sebenarnya kasus cuci darah pada anak itu bukan hal yang baru. Maksudnya, memang ada anak yang cuci darah dan bukan terjadi secara tiba-tiba langsung melonjak drastis, itu tidak

Dikatakan, RSCM umumnya menjadi rumah sakit rujukan bagi anak yang mengalami gangguan ginjal dan membutuhkan cuci darah.

Ada dari mereka yang punya masalah bawaan lahir. Ada yang terdampak cemaran pada kasus obat sirup 2 tahun lalu. Ada juga yang diduga merupakan dampak perilaku kurang sehat.

Gangguan ginjal adalah kondisi medis serius. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan optimal, racun dan limbah dalam darah tidak dapat dibuang dengan efektif.

Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Salah satu metode pengobatan yang umum digunakan untuk menangani gangguan ginjal, adalah cuci darah atau hemodialisis.

Cuci darah adalah prosedur medis yang digunakan untuk membersihkan darah dari racun dan limbah karena ginjal tidak berfungsi dengan baik.

Prosedur ini melibatkan penggunaan mesin dialisis yang berfungsi menggantikan tugas ginjal. Darah akan dialirkan melalui mesin, dibersihkan dari zat-zat berbahaya, dan kemudian dikembalikan ke tubuh.

Berikut beberapa penyebab utamanya gangguan ginjal:

Diabetes Mellitus

Adalah salah satu penyebab utama gangguan ginjal. Tingginya kadar gula darah dalam jangka panjang, dapat merusak pembuluh darah kecil di ginjal, dikenal sebagai nefropati diabetik. Kondisi ini menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara bertahap dan dapat mengarah pada gagal ginjal.

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga merupakan penyebab umum gangguan ginjal. Tekanan darah yang terus-menerus tinggi, dapat merusak pembuluh darah di ginjal, jadi mengurangi kemampuan untuk menyaring darah dengan efektif.

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk di dalam ginjal dan dapat menghalangi aliran urin. Batu ginjal yang besar atau berulang, dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan infeksi parah. Pada akhirnya, ini dapat mengharuskan sang penderita menjalani cuci darah.

Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang dapat menyerang berbagai organ tubuh, termasuk ginjal. Lupus nefritis adalah kondisi kala lupus menyebabkan peradangan pada ginjal.

Penyalahgunaan Obat dan Zat Berbahaya

Penggunaan obat-obatan tertentu secara berlebihan, seperti analgesik (pereda nyeri), antibiotik, dan obat-obatan lain yang merusak ginjal. Selain itu, paparan zat-zat berbahaya, seperti logam berat, juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Post a Comment

Previous Post Next Post